0

Bahaya Sinar UV bagi Kulit

Bahaya Sinar UV Bagi Kulit

Sinar Ultra Violet (UV) memiliki efek menguntungkan bagi kulit karena membantu produksi vitamin D dalam kulit. Vitamin ini memiliki banyak fungsi bagi tubuh, yaitu menjaga kekebalan dan membantu pertumbuhan tulang. Karena itu disarankan berjemur 30 menit di pagi hari. 

Tapi tahukah Anda bahwa tidak semua sinar yang dipancarkan matahari baik untuk kulit. Dalam sinar matahari yang dipancarkan terkandung berbagai macam gelombang dengan panjang yang berbeda-beda. UV A memiliki panjang gelombang 100 nanometer (nm) sampai 290 nm. UV B panjang gelombangnya 290 nm sampai 320 nm. Semakin panjang gelombang sinar UV, maka makin besar dampak kerusakan yang ditimbulkan pada kulit.

Sinar UV A berdampak pada timbulnya masalah aging atau penuaan, sedangkan dampak sinar UV B menyebabkan sunburnatau terbakarnya kulit. Keduanya mampu merusak kesehatan kulit dan memicu  kanker kulit. Oleh karenanya, kita harus lebih cermat dalam memilih dan memakai tabir surya yang tepat dan mampu melapisi serta melindungi kondisi kulit secara intens.

Sumber:

http://www.republika.co.id/berita/humaira/ibu-anak/13/12/02/mx5ik7-ini-bahaya-sinar-matahari-untuk-kulit-kita

http://tabloidnova.com/Mode-Dan-Kecantikan/Kecantikan/Manakah-Yang-Lebih-Bahaya-Sinar-Uva-Atau-Uvb